Wednesday, November 5, 2008

Laptop OLPC Debatkan Linux dan Windows


Wacana One Laptop Per Children (OLPC) mengubah penggunaan sistem operasi open source Linux ke sistem operasi Microsoft Windows XP dalam XO laptop akhirnya menjadi debat terbuka. Perdebatan meningkat tajam menyusul mundurnya Walter Bender, presiden dari software dan content OLPC yang tidak sepakat dengan rencana modifikasi itu.

OLPC yang meluncurkan XO laptops memang pada awalnya menggunakan Linux sebagai sistem operasi default-nya yang akan diberikan kepada sejumlah negara yang dianggap pertumbuhan TI-nya masih rendah.

Chairman OLPC Nicholas Negroponte meminta agar komunitas open source untuk tidak saling menyalahkan dalam perubahan OLPC, dan beralih ke sistem operasi Windows. Para pengembang menanggapi dengan "dingin" permintaan Negroponte itu dengan mengatakan sang chairman tidak menghargai pengembangan sebuah interface Sugar pada Linux.

"Sugar ini masih jauh dari sempurna, dan mereka mulai mempertimbangkan sistem operasi Windows sebagai penggantinya," ujar Negroponte yang dikutip ComputerWorld, Jumat (25/4/2008).

OLPC yang merupakan lembaga nonprofit memang tengah melakukan diskusi dengan Microsoft mengenai kemungkinan dilakukannya instalasi dual booting untuk XO laptop, Linux dan Windows

No comments: